Tuesday 24 May 2016

Web server dengan linux ubuntu

Pernahkah anda menyewa sebuah jasa layanan hosting untuk menitipkan website pribadi atau web perusahaan baik itu berupa data informasi sampai dengan data aplikasi transaksi. Jika anda tidak memiliki server yang dapat mengelola dan menampung halaman website dan anda memiliki budget tersendiri yang dapat dikeluarkan. Anda dapat menyewa layanan jasa tersebut. Tetapi bilamana anda memiliki komputer server dan tidak mau menitipkan data data anda pada pengelola layana tersebut yang belum diketahui tingkat keamanannnya maka saya sarankan anda untuk membangun web server sendiri.

Sebenarnya apa sih web server itu sendiri?  Web server adalah sebuah aplikasi pada server yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari client berupa HTTP atau HTTPS.  Request tersebut dapat dijalankan dengan aplikasi browser seperti firefox, google chrome, Microsoft Edge, dll. Biasanya Setelah request diterima oleh server maka akan dikembalikan lagi dalam bentuk HTML. Ilustrasinya seperti gambar diatas. 

Ada beberapa aplikasi yang dapat dijadikan pilihan untuk membangun webserver seperti :
1) Apache
2) Xampp
3) Wampp
4) IIS by Microsoft 
5) Lighttpd
6) Sun Java , Dll

Selanjutnya saya tidak akan berpanjang lebar menjelaskan tentang web server. Anda bisa mempelajari langsung dari buku  buku program atau para programmer yang sudah makan asam garam didunia web development. Pada tulisan saya kali saya hanya membahas tentang bagaimana cara membangun web server menggunakan apache2 pada ubuntu server. Versi yang saya gunakan adalah ubuntu server 12.04. Silahkan anda menggunakan versi yang lain dari pada saya juga tidak mengapa.

Silahkan anda masuk keserver linuxnya dan masuk ke mode root administrator. Masih ingat kah ? :D. Jika lupa balik lagi dan baca artikel saya sebelumnya. Kemudian sebelum masuk ke konfigurasi saya sarankan anda membaca terlebih dahulu konfigurasi awal pada server ubuntu. Didalamnya terdapat konfigurasi ip dan dns agar anda tidak bingung dalam menentukan ip addres untuk server dan clientnya.

untuk membangun web server ada empat aplikasi yang harus diinstal yaitu :
1) apache sebagai webserver
2) php sebagai bahasa pemprograman web
3) mysql sebagai database server
4) phpmyadmin sebagai pengelola interface mysql

root@unijarkom: ~ # apt-get install apache5
Pertama kita install apache dengan perintah diatas pengetikan tidak perlu ditulis untuk user dan hostnamenya (root@unijarkon:#). Tunggu hingga proses instalasi selesai. Jika berhasil dan tidak ada error anda bisa cek melalui browser pada komputer client . Ketikan pada alamat address ip server. Jika sukses maka muncul tampilan seperti dibawah ini.
Jika sudah silahkan anda lanjutkan dengan mengingstal php, mysql dan phpmyadmin dengan perintah berikut :
root@unijarkom: ~ # apt-get install php5
root@unijarkom: ~ # apt-get install mysql-server
root@unijarkom: ~ # apt-get install phpmyadmin

Demikianlah tahapan awal membangun web server awal. Pembahasan berikutnya saya akan jelaskan bagaimana membuat website yang di hosting dengan menggunakan web server yang telah kita buat. Next time ya ? (andry maulana).

0 comments:

Post a Comment