Monday 13 June 2016

Install mikrotik di virtual box

Pembahasan kali ini adalah pembahasan lanjutan dari konfigurasi awal pada mikrotik. Pembahasan ini saya buat sebagai dasar pembelajaran mikrotik dengan virtualisasi. Sebenarnya tanpa saya tulis pun anda sudah mampu menginstall mikrotik pada virtual box.Kkalo gak bisa malu atuh sama almamater :P.

Langkah penginstalan cukup mudah. Pertama silahkan anda buka virtual boxnya. Jika belum punya silahkan download disini. setelah virtual box terbuka silahkan anda pilih menu "New" pada gambar dibawah ini atau anda bila klik menu "Machine-New".

Selanjut beri nama pada router virtual anda. Seumpama dengan nama mikrotik router. Penamaan bebas tanpa ada aturan. Kemudian pilih type "Other" dan version "Other/Unknow".

Pada opsi memori size kita ambil saja sebanyak 64 mb dari ram komputer kita. Toh pada router asli pun tidak jauh berbeda ukurannya.
Pilih hardi drive file type dengan vdi (virtual disk image) artinya kita akan menggunakan file image seperti iso untuk menginstalnya.
Kemudian pada storage kita pilih secara dynamic.
Kemudian ukuran penyimpanan kita ambil sebanyak 1 gb saja diri hardisk komputer kita.
Selanjutnya silahkan klik "Next" sampai dengan finish. Jika selesai maka akan muncul pada jendela disebelah kiri router yang telah kita buat. Langkah selanjutnya adalah memasukkan file iso mikrotik yang telah didownload dan melakukan konfigurasi adapter jaringan pada router. Klik pada menu setting.
Pilih adapter 1 dengan mengaktifkan enable network adapter. Adapter ini nanti akan kita buat sebagai port ynag mnuuju pada wan atau internet dari ISP.
Pada ether 2 pilih internal network kemudian beri nama dengan "local area". Port ini nantinya akan digunakan menuju ke PC pada jaringan local kita.
Port yang terakhir kita pilih sebagai internal network dengan nama "hotspot area". Port ini nanti akan kita gunakan port tersebut sebagai jalur access point yang akan datang penjelasannya.
Kemudian pilih menu storage. kemudian klik pada "empty". Klik pada gambar disk sebelah kanan dan pilih disk iso dari komputer anda. setelah itu open. 
Sampai disini pengaturan sudah selesai silahkan  klik menu "OK". Langkah selanjutnya adalah menjalankan mikrotik dengan mengklik button "Show". Tunggu hingga tampilan seperti dibawah ini. Jika muncul silahkan tekan "A" pada keyboard untuk memilih semua service pada router dan Klik "I" untuk menginstall. Jika ada pilihan silahkan tekan "Y". Tunggu hingga proses instalasi selesai. 
Jika proses instalasi selesai. Sistem akam me restart dengan sendirinya. Apabila setelah restart kembali pada tampilan instalasi. maka anda harus membuang file Disk Iso anda dengan cara klik menu "Device - Cd/Dvd device- Remove disk from virtual disk". Kemudia reset/restart kembali virtual box. 
Proses instalasi sudah selesai silahkan anda login dengan nama mikrotik login default "admin" dan passwordnya "kosongkan saja".

Sampai disini saja penjelasan untuk instalasi mikrotiknya. Silahkan Didownload Materi tersebut (Andry Maulana" :


1 comments:

  1. :-bd

    saya tunggu lanjutannya gan, mhon dilanjut tulisannya

    ReplyDelete