Monday 6 March 2017

Sharing Koneksi Internet Ubuntu Server Ke Client

share internet ubuntu
Pada saat saya membahas bagaimana cara konfigurasi squid menggunakan proxy pada ubuntu server. Saya berjanji untuk memberikan cara koneksi internet dari server ke client. hal ini adalah sesuatu yang wajib yang harus  kita kuasai. uintuk membuat koneksi tersebut sebenarnya tidak lah sulit. Sebagai contoh kita buat sebuah jaringan yang terdiri dari dua perangkat yaitu server dan client seperti berikut :
IP ADDRESS
server : 192.168.1.2
client : 192.168.1.3 

Sebelumnya server yang kita miliki harus terhubung dengan internet. Jika anda belum bisa konfigurasinya silahkan lihat pada pembahasan konfigurasi awal server. Kemudian koneksi antara server dan client harus sudah dapat terhubung dan tidak terjadi Request Time Out atau Destination Host Unrecheable. Kemudian ketikan perintah dibawah ini untuk meng-enable jenis ip yang digunakan untuk koneksi internet.

konfigurasi sharing internet

Kemudian cari baris seperti dibawah ini dan hilangkan tanda (#) untuk meng-enable.

share internet ke client

Save konfigurasi tersebut dengan cara CTRL + X. Lakukan test apakah konfigurasi ipv4 yang dienable sudah sukses dengan perintah sysctl -p  seperti dibawah ini.

sharing internet ubuntu ke windows

Untuk melakukan koneksi sharing kita menggunakan fitur IPTABLES dengan perintah MASQUERADE. Pembahasan iptables lebih lanjut saya akan bahas pada pembahasan yang akan datang.

sharing internet ke windows dari ubuntu

Atur ip,gateway dan dns pada komputer client. Uji dengan menggunakan perintah ping google.com.

konfigurasi share internet server ubuntu
Sampai dengan tahap ini seharusnya komputer cliet sudah dapat terhubung dengan internet dari server. Jika terjadi kesalahan silahkan anda cek kembali pengaturan awal untuk server dan client agar dapat terhubung. Mungkin anda harus mematikan fitur firewall pada windows client. Sekian pembahasan kali ini. semoga bermanfaat (admin)

0 comments:

Post a Comment