Wednesday 16 March 2016

Jaringan Komputer (computer network)

Jaringan Komputer (computer network) adalah sekumpulan objek yang terhubung satu dengan lainnya dengan maksud agar dapat melakukan tindakan yang berbeda tetapi memiliki tujuan yang sama. Dalam ilmu komputer terdapat istilah jaringan komputer. Jaringan komputer sendiri dapat diartikan dengan sekumpulan perangkat komputerisasi seperti laptop,PC,Smarphone gadget dan lainnya yang terhubung satu sama lainnya dan dapat melakukan pertukan data.


Seiring perkembangan zaman maka berkembang jugalah teknologi. Seorang karyawan membutuhkan data dari temannya yang berbeda tempat kini sudah tidak perlu lagi menjumpai temannya yang letaknya jauh. Seorang polisi dapat memantau trafik lalu lintas dijalan dari kantor tanpa harus terus berdiri dijalan. Seorang anak mengirimkan pesan kepada ibunya kini tidak perlu lagi harus menunggu tukang pos beberapa hari agar suratnya sampai kepada ibunya. Begitulah contoh gambaran dan fungsi jaringan komputer saat ini
jaringan komputer, komputer jaringan, topologi jaringan
kebutuhan seseorang akan informasi yang cepat inilah yang menjadi pokok pemikiran lahirnya jaringan komputer. Lantas apakah keuntungan dan kerugian dari adanya jaringan komputer dalam kehidupan kita?. adapun keuntungannya dapat dirincikan secara singkat dibawah ini :

1) mempermudah dalam menyebarkan dan mengakes informasi
2) menghubungkan seseorang yang jauh tempatnya
3) membantu mempercepat kinerja seseorang dalam bekerja
4) transaksi menjadi lebih cepat dan mudah

sedangkan kerugian adanya jaringan komputer antara lain
1) informasi tersebar dengan bebas tanpa adanya filter
2) mempermudah tindak kejahatan bergerak lebih leluasa
3) ancaman keamanan data yang rentan jika tidak memiliki keamanan yang kuat
4) biaya instalasi dan perangkat jaringan yang cukup mahal

berdasarkan dari jenisnya jaringan komputer terdiri dari dua macam, yaitu :

Pear to Pear
Model jaringan pear to pear adalah bentuk hubungan dua atau beberapa komputer yang memiliki kedudukan yang sama. Tidak ada yang namanya pemerintah dan tidak ada yang namanya rakyat. Semua hidup dalam posisi dan derajat yang sama. Komputer yang terhubung memiliki akses dan kebijakan  yang sama dalam suatu group. Istilah pear to pear pada microsoft disebut workgroup. seperti kita membangun sebuah warnet dengan beberapa komputer yang saling terhubung. Tidak ada yang disebut server. Hanya salah satu komputer tersebut ditunjuk sebagai perwakilan dari komputer lainnya untuk menentukan billing.
topologi jaringan, topologi lan, topologi
Dalam konsep ini pengguna akan membuat sebuah direktori yang disebut "public share" agar direktori tersebut dapat diakses oleh semua orang atau dibuat "private share" untuk membatasi hak seseorang dalam mengakses direktori tersebut.

Client Server
Berbeda dengan pear to pear, model jaringan client server ini terdapat satu atau beberapa komputer yang bertugas sebagai pemerintah(server) dan berhak mengatur rakyatnya(client). Istilah server adalah komputer yang berfungsi menyediakan layanan(service) kepada clientnya. Sedangkan istilah client adalah komputer yang menggunakan layanan tersebut.
lan, man, wan, topologi start
Perusahaan yang memiliki jaringan client server pada suatu perusahaan. Server bertugas memantau aktifitas clientnya seperti browsing,downloading,chatting dan lain sebagainya. server juga dapat memberikan dan menciptakan user yang berhak mengakses dirinya. Model jaringan ini paling banyak digunakan dalam pekerjaan. Akan tetapi kekurangan dari jaringan ini adalah perlunya keamanan yang kuat untuk melindungi server dari berbagai serangan. Jikalau server terjadi kerusakan maka aktivitas pekerjan akan terbengkalai.

Berdasarkan luas wilayahnya jaringan komputer secara umum  dibagi menjadi PAN,LAN,MAN,dan MAN.berikut penjelasannya :

PAN (Personal Area Network)
PAN atau yang dikenal sebagai jaringan individual adalah metode membangun jaringan skala kecil. Jaringan ini terdiri dari beberapa perangkat seperti komputer, smartphone, televisi dll. Jaringan ini memiliki autoritas satu user (pribadi) media dalam mengakses data menggunakan wifi,hotspot,bluetooth,infra red dll.
jaringan bluetooth

LAN (Local Area Network)
Local Area Network adalah jaringan dengan skala yang kecil yang mencakup satu kantor, satu sekolah, satu kampus, atau satu ruangan. Jaringan ini melibatkan beberapa perangkat seperti kabel sebagai media transmisi dan hub atau switch sebagai media penghubungnya. Jarak jaringan ini berkisar antara 100 - 300 meter. Jaringan ini biasanya sudah dikelola oleh beberapa orang network administrator

lan building, topology


MAN (Metropolitan Area Network)
Setelah Berhasil membangun jaringan lan dalam satu gedung. Pada umumnya beberapa perusahaan yang sedang berkembang akan membangun beberapa kantor sebagai cabang pembantu disetiap wilayahnya. Untuk menghubungkan antara beberapa kantor cabang dengan kantor pusat maka dibuatlah jaringan yang disebut Metropolitan Area Network. Jaringan ini berfungsi untuk menghubungkan jaringan komputer yang memiliki tempat yang berjauhan.

metropolitan area network



WAN (Wide Area Network)
Jaringan ini mempunyai luas wilayah yang sangat luas sehingga dapat menghubungkan suatu tempat yang berbeda antar negara. Sebagai contohnya kita dapat mengakses google yang memiliki server yang berada jauh di amerika. Baik Man atau Wan jaringan ini sudah memerlukan bantuan pihak ketiga yaitu saluran komunikasi publik dari ISP provider internet dan memakai perangkat bernama Router. Perkembangan jaringan WAN saat ini yang populer adalah Cloud Computing.

wide area network

Berdasarkan media transmisinya pembahasan tersebut akan dibahas pada tema transmisi jaringan. Demikianlah penjelasan mengenai jaringan komputer. Semoga dapat memberikan pemahaman awal bagi para pembaca sekalian yang baru memasuki dunia jaringan komputer (Andry Maulana).

0 comments:

Post a Comment